Lebih baik mana beli rumah kpr atau cash ? – pertanyaan ini selalu muncul ketika kita berniat ingin memiliki sebuah rumah,jawaban dari pertanyaan ini pun berbeda-beda tergantung kepada siapa anda bertanya.

selama ini saya menemukan 3 jawaban berbeda dari pertanyaan ini ,perbedaan jawaban karena faktor ekonomi masing-masing dan pola pikir masing-masing beda.berikut 3 jawaban dari pertanyaan lebih baik mana beli rumah kpr atau cash ?membeli rumah lebih baik cash atau kpr

  • Karyawan dan perkerja lepas yang penghasil perbulan rendah pasti menjawab Lebih baik kredit rumah kpr di banding cash

Lebih baik kredit rumah kpr di banding cash,karena alasan sederhana,mau kumpul uang sampai ratusan juta untuk membeli sebuah rumah itu membutuhkan waktu dan niat yang sangat tinggi.

kumpul 10 tahun belum tentu dapat membeli rumah dan setahun demi setahun harga rumah terus naik,terlebih di daerah yang sedang pembangunan pesat seperti di beberapa kota indonesia.

sehingga kalau di paksa menambung dengan gaji pas-pasan atau pekerja lepas yang penghasilan tidak pasti kadang penghasilan tinggi ,kadang rendah sampai dengan sama sekali tidak bisa menghasilkan perbulan.

butuh waktu yang lama,belum lagi ketika kita menabung harga rumah terus meningkat,contoh sederhana anda karyawan bergaji 8 juta perbulan,pengeluaran perbulan 4 juta,sisa 4 juta untuk tabungan.untuk menabung uang dengan jumlah 300 juta,perlu waktu  7 tahun,selama 7 tahun harga rumah pun pelan-pelan naik.

oleh karena itu untuk memiliki rumah impian dengan cepat dan dengan modal sedikit adalah dengan ajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) via bank.anda bisa memilih lama tenor atau jangka waktu kpr ,mulai dari 5 tahun sampai dengan 25 tahun.paling umum orang memilih jangka waktu kpr selama 15 tahun.

  • buat mereka yang baru ingin mulai merintis usaha juga memilih beli rumah via kpr/kredit di banding cash

beda mereka yang merintis usaha dengan mereka yang karyawan disini adalah mereka yang merintis usaha memiliki sejumlah uang yang bisa membeli rumah dengan harga cash.

misalnya mereka ada uang cash sejumlah 350 juta misalnya,mereka bisa saja memilih membeli rumah cash,tapi setelah membeli rumah cash,mereka tidak bisa memulai bisnis dan jika harus melakukan pinjaman ke bank untuk modal pinjaman usaha ,bunga pinjaman untuk modah usaha yang pertama mereka rintis lebih tinggi apabila di banding dengan bunga kredit kpr.

jadi banyak yang memulai merintis bisnis atau usah berpikir memutar otak,dari pada beli rumah cash ,lalu pinjam uang untuk modal usaha lebih tinggi,lebih baik kpr ,sisa dp rumah kpr bisa di buat usaha,dan bunga kpr pun lebih rendah di banding pinjaman modal usaha di bank.

  • terakhir seorang pengusaha atau orang kaya pasti memilih beli rumah cash di banding beli rumah menggunakan kpr atau kredit.

alasan seorang pengusaha atau orang kaya memilih cash di banding beli rumah kpr adalah bunga di bank,harga rumah di beli jauh lebih murah cash di banding kredit kpr ,total harga rumah 200 juta cash jika di kredit selama 10 tahun di bank bisa sampai 300 juta lebih ,bahkan 400 juta,karena bunga bank dan acuan bunga kredit setiap tahun meningkat.

diatas merupakan 3 jawaban yang paling sering saya dapatkan dari pertanyaan lebih baik mana beli rumah kpr atau cash ?.

Lantas apa jawaban saya pribadi dengan pertanyaan lebih baik mana beli rumah kpr atau cash ?

catatan ini adalah jawaban pribadi saya,bisa saja ada yang sependapat dan tidak,karena semua memiki cara pandang berbeda.

jawaban saya pribadi dari pertanyaan lebih baik mana beli rumah kpr atau cash adalah tergantung posisi anda secara pribadi.kedua-duanya ada plus dan minus

plus dari rumah kpr adalah kita bisa mendapatkan rumah untuk tempat tinggal kita langsung dengan pembayaran bertahap selama bertahun-tahun,jika penghasilan anda memadai dan terbilang cukup lebih baik kredit rumah kpr di banding kontrak atau kost,karena rumah di masa depan bisa jadi aset kita secara pribadi.

minus dari rumah kpr itu menurut saya bunga kpr terbilang tinggi,jika di total harga rumah setelah lunas terbilang mahal .yang kedua yaitu APAKAH PENGHASILAN KITA AKAN SELALU SAMA SETIAP BULAN UNTUK CICILAN SELAMA 10 TAHUN .

Ya banyak orang beranggapan cicilan 800 ribu rumah kpr itu murah,berjalan 5 tahun kedepan 800 ribu itu terbilang jumlah uang kecil di banding sekarang,apalagi menjelang lunas yakni 15 tahun kedepan,hal ini memang benar,namum tahukan anda jika bunga kpr itu tidak selalu flat selamanya.Beli rumah kpr atau cash pikir dulu

ada beberapa bank menawarkan bunga kpr flat selama 5 tahun saja,setelah 5 tahun bunga mengikuti bunga acuan,sehingga cicilan rumah perbulan kita pun akan naik,bahkan bisa naik sampai 1-4x lipat.

selain bunga acuan membuat cicilan kita floating dan naik terus menerus setiap tahun,1 pesan saya untuk anda ingin ajukan kpr,pastikan dulu penghasilan anda cukup untuk cicilan,bukan untuk 1 tahun pertama namum 5 tahun kedepan.

saya sudah melihat banyak teman saya tidak sanggup bayar kpr bukan karena cicilan naik,namum karena penghasilan mereka menurun,seperti mendadak di phk,mendadak ada pengeluaran yang tidak terencanakan.belum lagi biaya hidup setahun demi setahun meningkat,hal ini faktor membuat banyak yang melakukan over kredit bahkan membatalkan kredit kpr rumah.

belum lagi jika kedepan cicilan untuk rumah kpr naik,sedangkan penghasilan anda sama namum ada beban tambahan lain seperti sekolahkan anak dll,hal ini terjadi buat mereka yang masih lajang kredit rumah kpr,ketika sudah menikah dan memiliki anak ,membuat mereka tidak sanggup membayar cicilan karena ada beban biaya hidup tambahan.

Oleh karena itu,saya secara pribadi karena memikirkan hal tersebut membuat saya tidak berani ajukan kpr rumah,buat anda yang ingin kpr ya silahkan saja namum saran saya PIKIR terlebih dahulu resiko-resiko kedepan,jangan asal kredit karena kredit rumah itu bukan seperti kredit motor yang hanya 3tahun lunas,kredit kpr rumah berjalan 15 tahun dan jumlah uangnya juga tidak kecil.

pikir-pikir dulu,jika memang sudah mantap niat,terlebih anda yang sudah menikah diskusikan dengan pasangan,jika sudah saling mendukung dan positif,lanjutkan KPR,jika tidak berani ajukan kpr dan penghasilan anda rendah ,kemungkinan untuk anda memiliki rumah 15 tahun kedepan semakin sulit.kelebihan dan kekurangan beli rumah cash

Plus dari membeli rumah secara cash sangat jelas,setelah melakukan pembayaran rumah,anda bisa menyewakan rumah tersebut atau di buat tempat tinggal,dari surat-surat kepemilikan rumah tersebut anda bisa ajukan pinjaman uang ke bank kapan pun.

serta kita tidak terbeban ,nama juga beli cash,selesai pembayaran,selesai semua surat di urus,pikiran kita tidak terbeban penghasilan bulan depan untuk cicilan rumah dan jika suatu hari anda mengalami masalah dan ekonomi anda terpuruk,anda masih bisa sedikit santai karena setidaknya tempat tinggal sudah ada dan bisa gunakan sertifikat untuk ajuan pinjaman ke orang maupun ke bank.

minus dari beli rumah cash – mau kumpulkan uang dengan jumlah besar seperti itu tidaklah mudah,jika anda seorang pembisnis dan pengusaha mungkin saja bisa meningkatkan penghasilan atau omset penjualan sedang bagus-bagusnnya sehingga profit bisa meningkat tajam.tidak heran hasil beberapa bulan atau 1 tahun bisa beli rumah dengan uang cash,

berbanding terbalik dengan mereka yang karyawan,jangankan untuk menabung uang hasil kerja mereka untuk membeli uang cash,untuk menabung dengan jumlah puluhan juta saja sulit,terlebih buat anda yang karyawan pasif yakni berkerja sebagai bawahan yang gaji segitu-segitu saja ,tidak ada bonus tidak ada naik jabatan.

memang ada karyawan gaji diatas 10 juta dan bonus tahunan hingga ratusan juta,tapi itu sebagian kecil,kebanyakn dari kita kerja di tempat kerja umum,gaji terbilang rendah dan persaingan kerja berat,jangankan mencari kerja gaji tinggi,mau cari kerjaan saja sekarang serba susah terkadang.

buat anda yang bergaji di bawah 5 juta perbulan,saran saya lebih baik anda membeli rumah melalui kpr di banding cash,karena jika untuk membeli rumah dengan cara menabung ,memang bisa tapi butuh waktu yang sangat lama sekali dan harga rumah pun setahun demi setahun semakin tinggi.

mungkin itu saja artikel lebih baik mana beli rumah kpr atau cash ? ,kedepan saya akan memberi tips cara memiliki rumah dengan harga murah dan modal minim.tanpa kpr dan tanpa jumlah uang yang besar.sekian dulu semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here